Fasilitas

Fasilitas

Pengkabelan Motor AC

Deskripsi: Kami membuat peralatan ini untuk memberi mahasiswa pengalaman langsung terkait perkabelan motor AC untuk mengontrol motor, seperti start-stop, arah putaran mundur, konfigurasi wye-delta (motor AC 3 fase), dll.

Kamera Aksi

Deskripsi: Kamera untuk merekam spesimen selama pengujian.

Spesifikasi:

a. Sony AS200VR – White Action Camera, ½ .3” Exmor R CMOS Sensor, 8.8 MP, Memory Stick

b. SJ CAM SJ5000 + Full HD 1920 x 1080p, 16 Megapixel 1/2.33″ CMOS Sensor, 170 Degree HD Wide-angle Lens

Proses Penyelarasan

Deskripsi: Penjajaran poros merupakan persyaratan mutlak sebelum mesin diservis. Jika proses penjajaran tidak dilakukan dengan benar, ketidaksejajaran dapat menyebabkan peningkatan getaran dan beban. Oleh karena itu, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman langsung terkait proses penyelarasan dengan metode face and rim.

Menyeimbangkan Peralatan Berputar

Deskripsi: Peralatan balancing skala laboratorium ini dibuat untuk mendemonstrasikan proses penyeimbangan 1 bidang dan 2 bidang dengan metode sudut fase atau tiga uji coba massa.

Uji Bump dan Resonansi

Deskripsi: Mahasiswa melakukan uji singkat untuk mencari frekuensi natural dari sistem. Setelah itu, sistem digairahkan oleh gaya ketidakseimbangan, dan mahasiswa mengamati bentuk mode sistem saat terjadi resonansi.

Catu Daya DC dan Motor DC

Alat ini dirancang untuk pembelajaran praktis. Ini membantu mahasiswa untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang prinsip kerja catu daya DC dan juga karakteristik motor DC.

Displacement Measurement Device

Deskripsi: Digunakan untuk mengukur perpindahan yang terjadi pada spesimen saat dikenakan pembebanan.

Spesifikasi:

a. National Instrument NI 9201, 8-Ch AI Module, Screw Term, +/-10 V, 12-Bit, 500 kS/s

b. National Instrument NI 9927, Strain Relief and Operator Protection

c. National Instrument DAQ-9174, CompactDAQ chassis (4 slot USB)

Hidrolik Dinamis

Brand: SCHENCK

Deskripsi: Kami memiliki empat silinder hidrolik yang dapat bekerja secara bersamaan, dan setiap silinder mampu menghasilkan gerakan sinusoidal hingga 60 Hz dengan langkah konstan.

Simulator Gempa

Merek: SCHENCK

Deskripsi: Simulasi gempa bumi umumnya dilakukan untuk memeriksa efek gempa bumi pada struktur buatan manusia. Mempelajari respon struktur terhadap gempa dilakukan dengan meletakkan model struktur pada meja goyang yang mensimulasikan pembebanan gempa.

Getaran Bebas dan Paksa

Merek: Tecquipment

Deskripsi: Peralatan ini dapat disajikan dalam dua konfigurasi. Pada konfigurasi pertama, getaran bebas, mahasiswa belajar bagaimana menentukan kekakuan pegas dan koefisien redaman secara eksperimental. Sedangkan pada konfigurasi kedua, getaran paksa, sistem digairahkan oleh gaya ketidakseimbangan, dan mahasiswa mengamati respon sistem.

Pengantar Sistem Pengendalian

Deskripsi: Mahasiswa mempelajari karakteristik pengontrol P, PI, dan PID untuk mengontrol motor DC dan temperatur heater.

Uji Getaran Standar ISO

Deskripsi: Mahasiswa melakukan pengukuran getaran dan membandingkan hasil getaran dengan standar ISO getaran. Di sisi lain, mahasiswa juga belajar bagaimana mengidentifikasi kegagalan bearing berdasarkan analisis spektrum getaran.

Sensor Laser

Deskripsi: Digunakan untuk membaca posisi suatu spesimen.

Spesifikasi: Keyence IL-600 Digital Cmos Laser Sensor

Load Cell

Deskripsi: Digunakan untuk mengukur beban pada spesimen.

Spesifikasi: MKC16A Cap. 30 Ton

Sistem Pengukuran – Skala Timbang Digital

Deskripsi: Sistem pengukuran dibagi menjadi empat elemen, yaitu elemen penginderaan, pengkondisian sinyal, pemrosesan sinyal, dan penyajian data. Oleh karena itu, kami mengembangkan timbangan digital ini untuk merepresentasikan sistem pengukuran, dan mahasiswa dapat dengan mudah melihat dan membedakan setiap elemen.

Seperangkat Alat Uji Battery Packing

Brand: Catu Daya DC (KUAIQU), Logger (MASTECH), Resistance Meter (HIOKI)

Deskripsi: Seperangkat alat uji ini digunakan untuk pengujian baterai dengan proses pengisian dan pengosongan dengan laju arus tertentu. Sistem dari kanan ke kiri terdiri dari catu daya DC untuk pengisian baterai, electronic load untuk pengosongan baterai, contoh baterai lithium-ion, termokopel untuk mengukur temperatur baterai, logger sebagai komponen pengambilan data, dan resistance meter untuk mengukur hambatan internal baterai.

Mesin Las Titik

Brand: SUNKO

Deskripsi: Alat ini digunakan untuk membuat sambungan antar sel baterai dengan konduktor dalam penyusunan battery packing menggunakan metode las titik. Las titik memungkinkan sambungan kelistrikan yang efektif tanpa menghasilkan panas berlebih yang dapat merusak sel baterai.

Strain Gauge

Deskripsi: Digunakan untuk mengukur regangan yang terjadi pada spesimen saat dikenakan pembebanan.

Spesifikasi:

a. National Instrument NI 9237 4-Ch 50 kS/s/Ch, 24-Bit Bridge AI Module D-sub Connectivit

b. National Instrument NI 9923 Front-mount D-sub to screw terminal

Takometer

Deskripsi: Digunakan untuk mengukur kecepatan rotasi benda uji.

Spesifikasi: CEM AT-8 Tachometer Contact/Non-Contact Digital

Mesin Uji Tarik

Merek: TENSILON RTF-1310

Deskripsi: TENSILON RTF-1310 adalah mesin uji universal yang menawarkan kemungkinan pengukuran inovatif, berdasarkan pengetahuan teknologi A & D yang baru dikembangkan dan ekstensif. Seri RTF adalah mesin penguji Kelas 0.5 kelas dunia. Setelah disempurnakan secara keseluruhan desain dan struktur mesin dengan gaya maksimal 10 kN. Pencekam dapat dimodifikasi untuk uji tekuk tiga titik atau uji tekuk empat titik.

Sistem Kalibrasi Transduser Getaran

Merek: Brüel & Kjær

Deskripsi: Perangkat keras kalibrasi terdiri dari generator sinus, penguat daya, pembangkit getaran, pengkondisi, dan Instrumen Nasional sebagai akuisisi data.